free web page hit counter
Connect with us

Cari Uang Mudah dengan Memahami Cara Budidaya Kalajengking

Kalajengking yang saat ini sedang terkenal dengan memanfaatkan bisanya dapat meraup banyak uang. Berikut ini ada cara budidaya kalajengking dengan mudah.

Kalajengking adalah salah satu binatang yang sedang naik daun. Pasalnya Presiden Indonesia yang ke – 7 yaitu Joko Widodo memberikan pidato yang cukup menghebohkan. Beliau mengatakan jika ingin cepat mendapatkan uang salah satu caranya adalah dengan ternak kalajengking. Mengapa demikian? Karena saat ini para ilmuwan sedang banyak meneliti bisa atau racun yang dimiliki oleh kalajengking yang memiliki segudang manfaat. Jika Anda ingin beralih usaha ke ternak kalajengking, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui cara budidaya kalajengking dengan mudah.

Cara Budidaya Kalajengking Dengan Cara yang Mudah

Kalajengking adalah salah satu jenis hewan yang masuk dalam ordo Arachnida. Klasifikasi ini menggolongkan kalajengking merupakan hewan berkaki 8. Hal ini merupakan kerabat jauh dari hewan seperti laba – laba. Ciri khas yang dimiliki kalajengking adalah sengatnya yang di belakang ekor. Sengat ini akan ditusuk ke musuh ataupun mangsanya agar bisa dan racunnya dapat masuk. Jika penasaran bagaimana cara budidaya kalajengking, berikut adalah caranya.

  1. Bagi Anda yang masih pemula dalam hal ternak kalajengking, sebaiknya Anda memilih kalajengking dengan jenis Scorpion kaisar atau dengan nama latin Pandinus imperator. Ciri – ciri kalajengking yang satu ini adalah bertubuh besar, bersih, tenang, jinak dan perawatan kalajengking ini lebih mudah apabila dibandingkan jenis kalajengking lainnya. Sengat yang dimiliki oleh kalajengking jenis Pandinus imperator tidak terlalu sakit dan sengatannya hampir mirip seperti disengat lebah.
  2. Anda hanya perlu menyediakan wadah budidaya yang cukup besar seperti akuarium atau kontainer yang memiliki tutup. Untuk alasnya diberikan serbuk sabut kelapa atau serbuk cocopeat. Jika Anda tidak menemukannya maka bisa menggunakan serbuk kayu. Penggunaan serbuk bertujuan untuk menjaga kelembaban di dalam wadah budidaya tersebut.
  3. Berikan kalajengking tempat persembunyian, karena pada habitat aslinya, kalajengking adalah hewan yang sering bersembunyi. Anda dapat memberikan tempat persembunyian kalajengking dengan menggunakan kayu, batang, atau daun kering.
  4. Jangan lupa untuk memberikan tempat air untuk minum dan berendam. Buatlah tempat air dengan ukuran tidak terlalu dalam agar kalajengking Anda tidak tenggelam. Selain itu bisa juga diletakkan batu pada tempat minum kalajengking. Pastikan untuk selalu mengganti air tersebut sebanyak dua kali sehari agar kalajengking mendapatkan asupan air bersih dan kalajengking akan menjadi lebih sehat.
  5. Pemberian makanan kalajengking berupa serangga dengan ukuran tubuh yang lebih kecil dari kalajengking. Misalnya ngengat, belalang, belatung, jangkrik, dan hewan yang memiliki ukuran yang sama saat masih kecil. Untuk kalajengking yang sudah dewasa, Anda dapat memberikan makanan yang lebih besar seperti anak tikus, ulat hongkong, cicak, dan lain – lain. Pemberian makanan pada kalajengking dimulai sore hari karena hewan yang satu ini adalah makhluk nocturnal. Nocturnal adalah hewan yang aktif di malam hari.
  6. Letakkan tempat budidaya di ruangan yang khusus dan jauh dari anak – anak. Kemudian wadah budidaya di daerah yang gelap (tidak terkena sinar secara langsung). Hal ini dikarenakan kalajengking adalah nocturnal.
  7. Cara untuk mengambil kalajengking adalah dengan mengangkat kalajengking secara perlahan dari arah belakang  dengan memegang bagian bawah sengatnya dan diletakkan di tangan secara langsung. Kalajengking tidak akan menyerang tangan karena beranggapan bahwa tangan adalah pijakannya. Kemudian Anda juga harus berhati – hati dengan punggung kalajengking.

Sekian pembahasan cara budidaya kalajengking untuk Anda. Jika Anda kurang puas, Anda bisa belajar cara ternak dengan yang ahlinya. Selamat Mencoba dan semoga sukses dalam memulai bisnis langka ini!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

To Top
error: Content is protected !!