Connect with us

Cara Membatalkan Registrasi Kartu SIM Saat Terdapat Kesalahan Data

cara membatalkan registrasi kartu

Rubrik

Cara Membatalkan Registrasi Kartu SIM Saat Terdapat Kesalahan Data

Cara Membatalkan Registrasi Kartu SIM Saat Terdapat Kesalahan Data

Provider memiliki cara unreg kartu yang berbeda. Cara membatalkan registrasi kartu dapat dilakukan dengan mudah dan harus sesuai dengan langkah setiap operator.

Demi mengatasi ketidakjelasan data dari konsumen yang kadang harus mengunregistrasi kartu prabayar yang telah teregristrasi, maka setiap provider memiliki fitur khusus untuk mengatasi hal ini. Cara membatalkan registrasi kartu dapat dilakukan dengan mudah dan disesuaikan dengan setiap provider yang digunakan. Mudahnya seperti pada saat registrasi hanya dengan memberikan nomer KK dan NIK saja.

Tapi, terkadang pengguna kartu prabayar mengalami kendala atau kurang cocok dengan sebuah kartu yang telah di registrasi sehingga melakukan unreg dengan cara yang sudah ditentukan. Tapi, tidak sedikit juga yang bingung atau bahkan belum tahu untuk unreg kartu prabayar yang telah teregistrasi.

Cara Membatalkan Registrasi Kartu SIM Berbagai Provider

Sesuai dengan pernyataan Menkominfo terkait dengan registasi ulang harus dilakukan pendaftaran kartu prabayar yang dimiliki dengan mengisi NIK dan KK sesuai dengan yang berlaku dan resmi untuk menjalankan dan memiliki fasilitas yang telah disediakan oleh provider masing-masing. Registrasi ulang dilakukan untuk keamanan para pengguna, dari orang yang berbuat kejahatan dengan modus menggunakan SMS atau fitur lainnya.

Namun, ada kalanya Anda harus membatalkan registrasi tersebut karena adanya kesalahan data yang dimasukkan. Bagi Anda pengguna kartu perdana prabayar, berikut cara membatalkan registrasi kartu SIM Anda.

  • Kartu SIM Tri

Pelanggan Tri dapat unreg di situs website resmi Tri, melalui cara berikut

  1. Kunjungi wbsite resmi Tri yaitu registrasi.tri.co.id
  2. Pilihlah menu unreg
  3. Masukkan nomer telepon dan nomer KK untuk mengunreg
  4. Kode rahasia akan dikirim melalui SMS, lalu masukkan kode tersebut
  5. Lalu kirim
  • Kartu SIM Telkomsel

Bagi pelanggan Telkomsel dapat menggunakan kode USSD yaitu *444#

  1. Ketik kode *444# pada layar telepon Anda
  2. Pada menu selanjutnya dapat pilih menu Unreg
  3. Lalu masukkan nomer NIK lalu kirim
  • Kartu SIM XL dan Axis

Kedua provider tersebut memiliki cara membatalkan registrasi kartu dengan cara yang sama.

  • Menggunakan kode USSD

Bisa dilakukan dengan mengetik *123*4444#

  • Menggunakan kode USSD

Anda bisa mengirim SMS dengan format UNREG#nomer telepon# kirim ke 44444

  • Kartu SIM Indosat Ooredoo

Pelanggan provider indosat dapat unreg kartu SIM dengan cara mengirim SMS dengan format UNPAIR#nomer telepon# kirim 4444

  • Kartu SIM Smartfren

Pengguna kartu Smartfren dapat mengirim SMS dengan format UNREG#NIK# kirim ke 4444. Bagi pelanggan Smartfren juga bisa membatalkan registrasi dengan mengunjungi mysf.id/unreg. Di laman tersebut pelanggan tinggal memasukkan nomer NIK saja.

Kemudahan dalam unreg kartu prabayar yang dgunakan di proider yang berbeda membuat penggunanya lebih cepat da mudah untuk unreg kartu prabayarnya. Setelah permintaan Unreg telah terkirim baik melalui telepon, SMS, atau USSD maka kartu akan terblokir dalam waktu maksimal 24 jam. Oleh karena itu, pelanggan dapat tetap memghubungi contact center.

Walaupun sudah unreg, kartu masih bisa diregistrasi ulang dengan identitas yang berbeda dan baru. Selain cara di atas untuk pembatan registrasi dapat dilakukan dengan mengunjungi gerai operator seluler masing-masing dengan membawa identitas resmi berupa KK dan KTP.

Setelah mengetahui cara membatalkan registrasi kartu yang dapat dilakukan untuk beberapa provider yang sering digunakan. Oleh karena itu, untuk nomer kartu SIM yang sudah tidak digunakan sebaiknya diunreg terlebih dahulu supaya tidak digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!