free web page hit counter
Connect with us
Cara Membuat Akta Kelahiran

Rubrik

Begini Syarat dan Cara Membuat Akta Kelahiran dengan Cepat

Begini Syarat dan Cara Membuat Akta Kelahiran dengan Cepat

Apakah Anda mempunyai rencana untuk membuat akta kelahiran bagi anak Anda secara cepat tanpa ribet? Jika benar, simaklah syarat dan cara membuat akta kelahiran disini.

Akta kelahiran merupakan sebuah lembar kertas yang menunjukkan jati diri dari seorang anak dan diterbitkan oleh negara, dimana akta tersebut berisi mengenai nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, nama orang tua dari pemilik akta, dan tAnda tangan dari pejabat yang berwenang. Akta ini akan sangat berguna bagi setiap orang, karena biasanya akta kelahiran ini diperlukan di setiap urusan administrasi seperti pendaftaran sekolah dan melamar pekerjaan. Apabila Anda ingin membuatnya, Anda perlu mengetahui syarat dan cara membuat akta kelahiran agar prosesnya lebih efisien.

Dalam UU Nomor 3 psl 3 ayat 27 thn 2006 sendiri disebutkan bahwa setiap terjadi penambahan anggota keluarga baru karena kelahiran, anak tersebut harus didaftarkan datanya pada Negara ke dinas yang berkaitan paling lambat 2 bulan setelah kelahiran. Hal ini sangatlah penting bagi anak di masa depan, karena akata ini suatu saat akan sangat diperlukan oleh anak untuk segala keperluan yang memerlukan dokumen ini.

Karena perannya yang sangat penting bagi anak, dokumen akta kelahiran ini harus segera Anda buat setelah anak lahir. Dinas yang dapat Anda kunjungi untuk membuat akta kelahiran ini adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dimana Anda harus memnuhi berbagai persyaratannya terlebih dahulu sebelum mendaftar. Berikut syarat dan cara membuat akta kelahiran yang dapat Anda penuhi dan ikuti dengan mudah.

  • Penuhi Persyaratan Pembuatan Akta Kelahiran

Sebelum mengajukan pendaftaran pembuatan akta kelahiran, Anda harus memnuhi beberapa persyaratannya terlebih dahulu. Syarat tersebut terdiri dari surat pengantar RT dan RW, surat keterangan kelahiran, KK asli atau fotokopi, KTP asli dari orang tua anak dan fotokopinya sebanyak 2 lembar, fotokopi buku nikah, 2 lembar fotokopi akta kelahiran orang tua, fotokopi paspor, surat keterangan dari kepolisian apabila asal usul anak tidak diketahui, surat kuasa dan materai Rp 6.000, serta menyiapkan dua saksi dengan melampirkan fotokopi KTP dari saksi.

  • Datang ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

Apabila semua persyaratan telah dipenuhi, selanjutnya Anda perlu datang ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Datanglah ke loket pendaftaran dan mintalah formulir permintaan pembuatan akta kelahiran.

  • Isi Formulir Permintaan Pembuatan Akta Kelahiran

Syarat dan cara membuat akta kelahiran selanjutnya adalah mengisi formulir dengan data yang konkret, dimana data yang Anda masukkan harus valid dan sesuai dengan data dari anak. Apabila data telah diisi semua, Anda hanya perlu menandatangani formulir tersebut dan menempelkan atau melampirkan materai sebesar Rp 6.000 pada formulir.

  • Menyerahkan Formulir Pada Petugas

Setelah formulir terisi semua, langkah selanjutnya adalah menyerahkan formulir tersebut kepada petugas loket. Penyerahan formulir tersebut harus disertai dengan semua berkas atau dokumen yang menjadi persyaratan pembuatan akta kelahiran, lalu tunggu petugas memeriksa semua dokumen yang Anda berikan. Apabila berkas telah selesai dperiksa semua dan telah lengkap, Anda akan menerima selembar kertas dari petugas yang isinya berupa jadwal pengambilan akta kelahiran.

Syarat dan cara membuat akta kelahiran tersebut berlaku bagi pembuatan akta kelahiran anak yang berada pada status hukum anak dari perkawinan yang sah, anak dari seorang ibu, dan anak yang tidak diketahui siapa dan keberadaan orang tuanya serta asal usulnya. Hal ini sesuai dengan Perpres RI No 25 tahun 2008 tentang syarat dan tata cara pendaftaran penduduk. Semoga bermanfaat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

To Top
error: Content is protected !!