free web page hit counter
Connect with us
cara membuat BPJS

Rubrik

Syarat dan Cara Membuat BPJS Kesehatan Secara Online

Syarat dan Cara Membuat BPJS Kesehatan Secara Online

Sudah tahukah Anda syarat dan cara membuat BPJS Kesehatan secara online dengan mudah dan cepat? Jika belum, mari simak bersama ulasan lengkapnya disini.

Jika hari ini Anda sehat, namun tidak menjamin untuk hari kedepannya karena tidak ada seorang pun yang bisa memprediksi kapan masa sehat itu hilang. Terlebih lagi jika Anda menerapkan gaya hidup yang buruk, maka akan sulit bagi Anda untuk tetap menjaga kesehatan. Anda harus menyiapkan banyak sekali biaya untuk kedepan, karena menjadi sehat sendiri terbilang mahal. Salah satu upaya yang dapat Anda lakukan untuk mengantisipasi hari tersebut adalah dengan mengikuti BPJS Kesehatan, dimana terdapat syarat dan cara membuat BPJS kesehatan untuk memperoleh fasilitasnya.

BPJS sendiri merupakan salah satu program pemerintah yang tujuannya sebagai jaminan sosial bagi masyarakatnya, seperti dalam bidang ketenagakerjaan dan kesehatan. BPJS ini resmi didirikan pada tanggal 1 Januari 2014, dengan nama awal adalah Asuransi Kesehatan (Askes). Namun masih jarang masyarakat Indonesia yang menggunakannya, karena masih kurangnya sosialisasi dari pemerintah tentang cara pembuatan beserta syaratnya.

Sama halnya dengan asuransi, BPJS Kesehatan ini menawarkan dua pilihan bagi Anda untuk mendaftar yakni secara langsung atau offline maupun secara online. Apabila Anda kurang mahir dan belum lancara mengoperasikan media online, Anda bila mendaftar secara langsung. Namun apabila Anda sudah paham dan mahir menggunakan internet, Anda bisa menggunakannya untuk mendaftar BPJS Kesehatan secara online. Berikut syarat dan cara pembuatan BPJS Kesehatan secara online yang dapat Anda ikuti.

  • Siapkan Persyaratan

Sebelum mendaftar tentunya Anda harus menyiapkan beberap persyaratan dokumen seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu TAnda Penduduk (KTP), kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), alamat email dan nomor handphone yang aktif. Persyaratan tersebut wajib Anda penuhi, sehingga Anda bisa mulai terus mengaktifkan alamat email dan nomor handphone yang akan digunakan.

  • Membuka Browser

Apabila semua persyaratan telah siap, langkah selanjutnya adalah membuka browser yang ada di PC atau handphone Anda. Kemudian masuklah ke halaman website resmi www.bpjs-kesehatan.go.id untuk melakukan langkah selanjutnya.

  • Mengisi Formulir

Setelah masuk ke halaman website, selanjutnya adalah mengisi formulir yang tersedia. Formulir tersebut berisi tentang isian data diri, berbagai pilihan kelas, isian alamat lengkap, fasilitas kesehatan yang diinginkan yang mencangkup Faskes Gigi dan Faskes Tingkat I, isian instansi yang ingin  menjadi rujukan, dan isian khusus bagi Warga Negara Asing (WNA) yang berkeinginan untuk memperoleh BPJS Kesehatan. Selain itu, Anda juga diminta untuk mengisi jumlah iuran yang akan dibayar setiap bulan dengan biaya mulai dari Rp 25.500 sampai dengan Rp 59.500 setiap bulan.

  • Simpan dan Verifikasi

Apabla semua isian formulir telah diisi dengan benar, selanjutnya adalah menyimpan data tersebut dan tungu pesan permintaan verifikasi yang akan dikirimkan ke email yang Anda cantumkan. Apabila pesan tersebut telah masuk, selanjutnya adalah melakukan print pada lembar virtual account yang ada.

  • Lakukan Pembayaran

Syarat dan cara pembayaran BPJS Kesehatan selanjutnya adalah melakukan pembayaran ke bank yang ditunjuk seperti BRI, Mandiri, dan BNI. Anda dapat melakukan pembayaran dan menyerahkan nomor virtual kepada Teller Bank, sehingga Anda akan diberi bukti pembayaran oleh Teller Bank.

  • Print E-ID Card BPJS

Apabila BPJS yang Anda buat sebelumnya telah aktif, langkah selanjutnya adalah melakukan print E-ID Card BPJS yang dikirimkan ke alamat email Anda.

Syarat dan cara membuat BPJS Kesehatan secara online tersebut sangatlah mudah Anda penuhi dan dilakukan, karena cara ini tidak akan menyita banyak waktu serta lebih efisien. Semoga bermanfaat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

To Top
error: Content is protected !!