free web page hit counter
Connect with us
cara membuat kartu kuning

Rubrik

Cara Membuat Kartu Kuning Untuk Keperluan Pekerjaan

Cara Membuat Kartu Kuning Untuk Keperluan Pekerjaan

Anda ingin melamar pekerjaan? Sudah membuat kartu kuning? Jika belum, simak informasi cara membuat kartu kuning yang cepat dan praktis di bawah ini.

Anda baru lulus kuliah dan ingin mencari kerja? Tentu Anda harus mempersiapkan berkas lamaran kerja terlebih dahulu seperti CV, hingga kartu kuning yang sering diminta oleh instansi – instansi ataupun perusahaan. Melihat pentingnya kartu kuning ini, Dinas Tenaga Kerja membuat sebuah kemudahan untuk masyarakat terkait cara membuat kartu kuning dengan Berbagai Kemudahannya sehingga tidak perlu memakan waktu yang cukup lama ataupun mengantri panjang.

Kartu kuning juga dikenal sebagai kartu tAnda pencari kerja atau AK1. Kartu yang dahulunya berwarna kuning ini, sekarang berubah warna menjadi putih. Kartu kuning ini berisi mengenai informasi pencari kerja. Dari nama, NIK, hingga data kelulusan pencari kerja yang nantinya akan terdaftar di Dinas Tenaga daerah setempat. Untuk mengetahui cara membuat SKCK dapat Anda simak informasi di bawah ini.

Cara Membuat Kartu Kuning Yang Perlu Anda Pahami

Kartu kuning ini dibuat oleh Dinas Tenaga Kerja di daerah Anda masing – masing, baik daerah kota maupun kabupaten. Berbagai kemudahan yang akan Anda dapatkan jika melampirkan kartu kuning. Salah satunya yaitu berkas lamaran kerja Anda akan diprioritaskan oleh perusahaan maupun instansi tempat Anda akan melamar pekerjaan. Ditambah lagi jika instansi tersebut telah bekerja sama dengan pihak Dinas Tenaga Kerja. Itulah fungsi kartu kuning yang sangat berguna bagi Anda yang sedang mencari kerja.

Syarat Membuat Kartu Kuning

Bagi Anda yang ingin membuat kartu kuning, ada baiknya mempersiapkan syarat – syaratnya terlebih dahulu. Berikut persyaratan yang perlu Anda siapkan bagi Anda yang ingin bekerja di dalam negeri :

  • Ijazah Asli Atau Fotocopi Ijazah yang Sudah Dilegalisir

Membawa Fotocopi ijazah terakhir yang sudah dilegalisir merupakan syarat pertama dalam pembuatan kartu kuning. Dan ada baiknya untuk membawa ijazah asli pada saat penyerahan berkas lamaran.

  • Kartu Tanda Penduduk asli

Syarat kedua yaitu membawa fotocopi KTP atau SIM. Kadang petugas hanya meminta untuk menunjukkan KTP asli atau SIM.

  • Fotocopi Akte Kelahiran

Persyaratan ketiga adalah fotocopi Akte Kelahiran. Persyaratan yang satu ini bersifat tidak wajib. Tapi tidak ada salahnya untuk mempersiapkannya.

  • Pas Foto

Syarat keempat yaitu pas foto berwarna dengan latar belakang warna merah ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar.

  • Berkas siap diantarkan

Masukkan berkas – berkas tersebut ke dalam map. Kemudian bawa berkas – berkas tersebut di Dinas Tenaga Kerja daerah Anda masing – masing.

Bagi Anda yang ingin bekerja di luar negeri, berikut dokumen yang perlu Anda persiapkan :

  • Fotocopi KTP

Syarat pertama yaitu membawa fotocopi KTP atau SIM. Kadang petugas hanya meminta untuk menunjukkan KTP asli atau SIM.

  • Fotocopi Kartu Keluarga

Syarat kedua yaitu membawa fotocopi Keluarga.

  • Fotocopi Surat Izin Bekerja di Luar Negeri yang sudah ditAndatangani baik dari suami maupun orang tua

Biaya Pembuatan Kartu Kuning

Pembuatan kartu kuning ini tidak membutuhkan biaya apapun kecuali biaya untuk fotokopi kartu kuning yang akan dilegalisir. Untuk itu, Anda perlu hati – hati jika ada petugas yang meminta biaya pembuatan kartu kuning maupun melegalisir kartu kuning. Dan diharapkan, jika Anda menemukan hal tersebut untuk segera melaporkan kepada pihak Dinas Tenaga Kerja. Baik pembuatan maupun perpanjangan Kartu Kuning sama – sama tidak membutuhkan biaya apapun.

Demikian informasi tentang cara membuat kartu kuning yang dapat Anda pergunakan untuk mendaftar pekerjaan. Segera persiapkan berkasnya dan langsung daftarkan diri Anda. Semoga bermanfaat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

To Top
error: Content is protected !!