free web page hit counter
Connect with us
cara membuat KTP

Rubrik

Inilah Syarat dan Cara Membuat KTP Tanpa Ribet

Inilah Syarat dan Cara Membuat KTP Tanpa Ribet

Apakah Anda baru berumur 17 tahun atau masa berlaku KTP Anda yang lama sudah berakhir? Jika benar, Anda perlu menyimak syarat dan cara membuat KTP baru tanpa repot disini.

Salah satu dokumen penting yang wajib dimiliki oleh setiap Warga Negara Indonesia (WNI) adalah KTP, dimana dokumen ini dapat Anda peroleh setelah menginjak usia minimal 17 tahun. Pada usia tersebut, setiap warga Negara wajib mempunyai KTP terutama versi terbarunya yaitu E-KTP atau KTP elektronik. Untuk mendapatkannya, Anda perlu mengetahui syarat dan cara membuat KTP baru terlebih dahulu agar proses pembuatan tidak menjadi ribet dan lama.

Apabila Anda telah mengetahui syarat dan cara pembuatannya, maka proses pembuatan KTP tersebut bisa dilakukan dalam sehari saja. Namun Anda tidak akan mendapat langsung KTP tersebut, karena Anda perlu menunggu sampai setidaknya 3 bulan sampai KTP berada di tangan Anda. KTP ini akan sangat berguna untuk segala urusan Anda seperti pendaftaran kerja, pendaftaran sekolah, sebagai syarat naik kendaraan, dan segala urusan administrasi lainnya. Masih banyak lagi manfaat dari KTP ini, sehingga dapat dikatakan bahwa KTP ini merupakan bagian terpenting yang harus ada sejak Anda berusia 17 tahun.

Sebelum mengajukan permohonan pembuatan KTP, Anda perlu mengetahui syarat dan cara pembuatan dari KTP baru terlebih dahulu. Hal ini ditujukan agar proses pembuatannya dapat dilaksanakan dengan cepat, Anda juga tidak akan merasa canggung karena harus menanyakan berbagai hal kepada petugas yang membantu membuat KTP. Berikut adalah syarat dan cara pembuatan KTP baru yang dapat Anda penuhi dan ikuti.

  • Siapkan Persyaratan Pembuatan KTP

Langkah pertama dalam membuat KTP adalah memenuhi dan menyiapkan segala persyaratan yang diperlukan, dimana syarat tersebut tidak boleh satupun yang ditinggalkan. Persyaratan yang harus Anda penuhi adalah berusia minimal 17 tahun dan memenuhi berbagai dokumen yang diperlukan seperti surat pengantar dari RT atau RW, fotokopi Kartu Keluarga (KK), fotokopi akta kelahiran, dan pas foto yang terbaru 2 lembar ukuran 3×4.

Apabila Anda ingin membuat KTP baru karena pindah tempat tinggal, maka Anda harus melampirkan surat keterangan pindah dari daerah sebelumnya. Apabila Anda pindah dari luar negeri, maka Anda perlu menyiapkan surat keterangan datang dari luar negeri yang dikeluarkan oleh Instansi Pelkasana bagi WNI.

  • Datang ke Kelurahan atau Kecamatan

Apabila semua persyaratan telah dipenuhi, syarat dan cara membuat KTP baru selanjutnya yang harus dilakukan adalah mendatangi kantor kelurahan atau kecamatan tempat tinggal Anda. Berikan semua dokumen persyaratan yang sebelumnya telah disiapkan kepada petugas, lalu Anda akan menerima nomor antrian. Untuk menghindari antrian yang panjang, Anda bisa datang lebih awal ke kantor kelurahan atau kecamatan tersebut.

  • Lakukan Pengambilan Data

Apabila saat nomor antrian Anda dimulai, Anda perlu melakukan pengambilan data berupa pengambilan foto, memasukkan tAnda tangan secara digital, merekam sidik jari, dan merekam atau melakukan scan pada retina mata. Pengambilan data seperti ini mulai dilakukan sejak diberlakukannya e-KTP atau KTP elektronik, sehingga data yang Anda berikan harus konkret dan tidak mudah untuk ditiru.

  • Menunggu Sampai KTP Selesai Dibuat

Setelah pengambilan data dilakukan secara keseluruhan, Anda perlu melakukan pelengkapan data sekitar 15 menit dan menunggu sampai KTP selesai dibuat. Lama KTP dibuat biasanya memakan waktu 2 minggu samapi 3 bulan, sejak Anda mengajukan permohonan pembuatan KTP dan melengkapi semua persyaratan.

Dengan mengetahui syarat dan cara membuat KTP baru tersebut, Anda tidak perlu lagi merasa canggung karena Anda menjadi lebih tahu dari sebelumnya. Semoga bermanfaat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

To Top
error: Content is protected !!