free web page hit counter
Connect with us
Cara Membuat Paspor Online

Rubrik

7 Cara Membuat Paspor Online Lebih Mudah dan Cepat

7 Cara Membuat Paspor Online Lebih Mudah dan Cepat

Berencana berlibur ke luar negeri namun belum memiliki paspor? Simak informasi berikut ini tentang cara membuat paspor online yang mudah, praktis dan cepat.

Liburan menjadi salah satu momen yang paling ditunggu. Tidak hanya bagi pelajar, orang dewasa pun juga menantikan momen yang juga digunakan untuk berkumpul bersama keluarga tercinta. Dan tidak sedikit pula yang memutuskan untuk menghabiskan waktu liburan mengunjungi negara – negara tetangga. Sebelum itu tentu harus mempersiapkan berbagai keperluan seperti mempersiapkan paspor untuk keberangkatan. Bagi Anda yang belum memilikinya, berikut informasi cara membuat paspor online sehingga tidak perlu mengantri panjang untuk mendapatkannya.

Paspor merupakan sebuah dokumen resmi yang sangat penting jika Anda bepergian ke negara asing. Hal ini dikarenakan paspor dijadikan sebagai identitas pengenal Anda selama berada di negara asing. Adapun isi dari paspor tersebut berupa data diri pemegang paspor. Tanpa adanya dokumen ini, Anda tidak diperbolehkan melewati imigrasi keberangkatan maupun kedatangan baik di BAndara maupun di tempat lainnya. Untuk mempermudah masyarakat, maka pihak imigrasi Indonesia membuat sebuah layanan paspor online yang dapat digunakan oleh masyarakat.

Mempersiapkan paspor dari sekarang tidak ada salahnya, karena dokumen ini berlaku selama 5 tahun. Hal ini sangat mempermudah Anda yang akan bepergian kapan pun. Dan untuk cara memperpanjang paspor juga dapat Anda lakukan secara online, dengan kurun waktu kurang dari 6 bulan sebelum masa berlaku paspor berakhir.

Berikut langkah – langkah pembuatan dan perpanjangan  paspor secara online :

  • Mempersiapkan Berkas yang Diperlukan

Sebelum melakukan pendaftaran paspor online, Anda perlu menyiapkan berkas – berkas yang nantinya akan dibawa ke Kantor Imigrasi. Adapun berkas – berkas yang perlu Anda siapkan diantaranya :

  1. E- KTP
  2. Kartu Keluarga
  3. Akta Lahir/ Ijazah/ Buku Nikah
  4. Paspor Lama (Bagi Anda yang akan memperpanjang paspor)

Bagi Anda yang akan membuat/memperpanjang paspor anak, dapat menyiapkan berkas sebagai berikut untuk syarat pembuatan paspor online :

  1. KTP Kedua Orangtua
  2. Buku Nikah Orangtua
  3. Paspor Ayah/Ibu (Jika Ada)
  • Mengunjungi Situs Resmi Imigrasi dan Mengisi Formulir
  1. Kunjungi situs resmi imigrasi.go.id
  2. Pada kotak “Online Service” klik “Layanan Paspor Online
  3. Klik “Pra Permohonan Personal”
  4. Isi data diri pemohon (Kolom yang bertAnda bintang merah wajib diisi)
  5. Pastikan data diri yang Anda input benar

Untuk pembuatan paspor baru :

  1. Pilih Baru
  2. Pada jenis permohonan pilih Paspor Biasa

Untuk perpanjangan paspor :

  1. Pilih jenis permohonan
  2. Isi nomor paspor lama Anda

Setelah semua data Anda isi, kemudian akan muncul informasi terkait pembayaran dan konfirmasi permohonan. Untuk Biaya pembuatan paspor sebesar Rp 355.000. adapun rinciannya sebagai berikut :

  1. Biaya paspor (48H Perorangan) Rp 300.000
  2. Biaya Biometrik sebesar Rp 55.000

Biaya ini sama untuk pembuatan maupun perpanjangan paspor.

  • Pembayaran

Pembayaran ini dilakukan di Bank BNI dengan membawa serta bukti pengajuan paspor yang tercantum total uang yang harus dibayar.

  • Verifikasi Pembayaran

Pada tahap ini, Anda diminta untuk memilih tanggal dari daftar tanggal yang telah disediakan untuk mendatangi Kantor Imigrasi.

  • Mendatangi Kantor Imigrasi

Anda diharuskan datang sesuai tanggal yang telah Anda pilih sebelumnya.

  • Melakukan Foto, Biometrik dan Wawancara

Pada tahap ini, Anda perlu mengantri untuk pengambilan foto, sidik jari, dan melakukan wawancara terkait keperluan Anda membuat paspor dan destinasi kepergian Anda.

  • Mengambil Paspor

Paspor baru Anda dapat diambil setelah 3 hari kerja.

Sekian informasi terkait cara membuat paspor online yang dapat kami sampaikan. Jangan ragu untuk memanfaatkan teknologi saat ini agar Anda tidak perlu repot mengurus dokumen kenegaraan Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

To Top
error: Content is protected !!