free web page hit counter
Connect with us
Cara Membuat SKCK

Rubrik

Syarat dan Cara Membuat SKCK Online atau Offline Terbaru dan Terlengkap

Syarat dan Cara Membuat SKCK Online atau Offline Terbaru dan Terlengkap

Penasaran bagaimana syarat dan cara membuat SKCK online atau offline terbaru dan terlengkap saat ini? Jika benar, mari simak ulasan syarat dan caranya disini.

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Polisi adalah surat yang dikeluarkan oleh Kepolisian RI melalui Polsek (Kepolisian Sektor) dan Polres (Kepolisian Resort), dimana surat ini berisi mengenai catatan tentang seseorang dalam data kepolisian. SKCK ini dapat berguna bagi segala urusan administrasi seperti untuk mendaftar sekolah dan melamar pekerjaan, sehingga sangat penting bagi Anda untuk mempunyai SKCK ini. Namun pembuatan SKCK dapat dikatakan sulit dan cukup lama, sehingga Anda perlu mengetahui syarat dan cara membuat SKCK online atau offline dahulu agar pembuatannya menjadi efisien.

Pembuatan SKCK sendiri dapat dilakukan secara langsung atau offline, dengan mendatangi kantor Polsek atau Polres setempat. Namun jika Anda tidak mempunyai waktu untuk mengantri, Anda bisa melakukannya secara online. Berikut ini adalah syarat dan cara membuat SKCK online atau offline terbaru dan terlengkap yang dapat Anda ikuti, sehingga pembuatannya dapat berjalan lebih efisien dan tanpa ribet.

  • Melengkapi Persyaratan Pembuatan SKCK Offline

Apabila Anda ingin mendatangi langsung kantor Polsek atau Polres, maka sebaiknya Anda menyiapkan terlebih dahulu beberapa persyaratannya. Dokumen yang bisa Anda siapkan adalah surat pengantar dari RT dan RW, namun ada beberapa Polsek atau Polres yang tidak mensyaratkan dokumen ini. Apabila Anda seorang Warga Negara Indonesia (WNI), maka Anda perlu menyiapkan fotokopi KK, fotokopi KTP atau SIM, fotokopi akta kelahiran atau ijazah terakhir, dan pas foto sebanyak 6 lembar ukuran 4×6 dengan background warna merah.

Apabila Anda seorang Warga Negara Indonesia (WNA), maka persyaratan yang harus Anda penuhi adalah fotokopi paspor, fotokopi surat nikah, surat sponsor asli dari perusahaan, fotokopi KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) atau KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap), dan pas foto sebanyak 6 lembar ukuran 4×6 dengan background warna kuning.

  • Membuat SKCK Secara Offline

Syarat dan cara membuat SKCK online atau offline yang wajib dipenuhi adalah mengisi formulir, maka untuk membuat SKCK secara offline Anda perlu datang ke Polsek atau Polres terlebih dahulu lalu meminta formulir pada petugas. Formulir harus Anda isi dengan data yang valid dan lengkap, petugas kepolisian juga akan meminta sidik jari Anda dengan biaya minimal Rp 5.000.

Setelah proses pengambilan sidik jari selesai, Anda bisa mengumpulkan formulir beserta persyaratannya kepada petugas. Anda hanya perlu menunggu sampai proses pembuatan SKCK selesai, lalu membayar uang penerbiatan SKCK kepada petugas.

  • Persyaratan SKCK Secara online

Apabila Anda ingin membuat SKCK secara online, maka persyaratan yang harus Anda siapkan adalah scan KTP dan tanda pengenal lainnya, scan KK, scan akta kelahiran, scan pas foto sebanyak 6 lembar ukuran 4×6 dengan background merah, dan scan paspor bagi WNI yang akan pergi ke luar negeri.

  • Membuat SKCK Secara Online

Untuk membuat SKCK secara online, Anda perlu mengunjungi situs kepolisian terlebih dahulu yaitu http://skck.polri.go.id dan mengisi formulir yang tersedia. Apabila formulir telah selesai diisi, lalu Anda perlu mencetak kode registrasi. Setelah itu, Anda bisa datang ke Polres/Polsek lalu menyerahkan kode registrasi beserta persyaratannya. Apabila petugas telah menyetujuinya, maka proses pembuatan SKCK akan berlangsung secara cepat sekitar 5 menit.

Syarat dan cara membuat SKCK online atau offline ini dapat Anda lakukan sesuai dengan kondisi Anda, pembuatan secara offline apabila Anda mempunyai waktu luang. Namun apabila Anda tidak mempunyai waktu luang, Anda bisa memanfaatkan pembuatan SKCK secara online. Semoga bermanfaat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

To Top
error: Content is protected !!